Air Terjun Mudal Yogyakarta, Akses, Harga Tiket, Aktivitas

Air Terjun Mudal Yogyakarta

Air Terjun Mudal – Kulon Progo kini menjelma menjadi tujuan wisata di Yogyakarta. Ke depan, Kulon Progo diprediksi akan semakin ramai. Selain itu, ada pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta yang hampir selesai. Nah, salah satu tujuan wisata berkembang adalah Air Terjun Mudal.

Air Terjun Mudal terletak di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Lokasi air terjun ini lebih tinggi dari air terjun Kedung Pedut dan air terjun Kembang Soka. Air di air terjun ini adalah air terjun yang mengalir di atas dua air terjun.

Air Terjun Mudal adalah air terjun yang berasal dari mata air yang selalu terpancar sepanjang tahun. Selain membentuk air terjun Mudal yang indah, sumber mata air ini juga merupakan sumber air bersih bagi masyarakat sekitar. Tidak diragukan lagi, ada pipa yang terhubung untuk mengairi rumah-rumah penduduk di sekitar air terjun.

Akses ke air terjun Mudal

Akses ke air terjun Mudal cukup mudah. Dari kota Jogja, bawa kendaraan Anda ke pasar Godean ke jembatan sungai Progo. Setelah mencapai pertigaan, belok kanan menuju gua Kiskendo. Setelah mencapai Gua Kiskendo, lurus sampai Anda menemukan pertigaan, lalu belok kiri ke arah Kokap.

Nah, ketika Anda sampai di Kokap, cukup ikuti instruksi untuk sampai ke Taman Sungai Mudal. Di taman, ada air terjun Mudal ini.

Baca juga : Paket Wisata Jogja dari Jakarta

Jika masih bingung, Anda bisa menggunakan Google Maps. Air Terjun Mudal sekarang tersedia di peta. Kata kuncinya adalah Taman Sungai Mudal.

Untuk pergi ke air terjun Mudal ini dari area Taman Sungai Mudal, Anda harus menyeberangi jembatan. Jembatan ini terbuat dari kayu dan bambu.

Harga tiket di air terjun Mudal

Tiket untuk wisata alam di Jogja jarang mahal. Termasuk memasuki rute air terjun Mudal. Anda hanya perlu membayar Rs 4.000 per orang untuk tiket masuk.

Biaya parkir juga cukup murah. Hanya 2.000 rupee untuk sepeda motor dan 5.000 rupee untuk mobil. Sangat murah bukan?

Baca juga : Sewa Bus Semarang

Aktivitas di air terjun Mudal

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di air terjun Mudal ini. Misalnya, suka mengambil foto, piknik, atau berenang. Nah, untuk kegiatan berenang, itu tidak dilakukan di bawah air terjun. Manajer objek wisata ini telah menyediakan kolam di Taman Sungai Mudal bagi mereka yang ingin berenang.

Selain berenang, kegiatan menarik lainnya yang dapat Anda lakukan di kawasan wisata Taman Mudal ini adalah rappelling atau ngarai air. Kegiatan ini tentu saja lebih mengasyikkan ketika aliran airnya deras. Biasanya debit air deras selama musim hujan.

Salah satu ciri unik dari air terjun ini adalah air yang tetap jernih meski musim hujan tiba. Kejernihan dan kesegaran air di sini, tentu saja, jangan sampai terlewatkan. Jadi, siapkan baju ganti jika Anda ingin bepergian ke sini, ya.

Nah, untuk melakukan perjalanan ke air terjun, Anda perlu memperhatikan musim saat ini. Air terjun ini sangat indah untuk dinikmati selama musim hujan karena debit air yang besar. Namun, Anda harus bersiap dengan mengenakan sandal atau sepatu non-slip untuk menghindari tergelincir, ya.

Setelah membaca artikel sebelumnya, apakah Anda siap berlibur dan menikmati keindahan air terjun Mudal di Kulon Progo?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*