Cara Screenshoot HP Samsung di Semua Tipe, Dengan 1x Klik

Cara Screenshoot HP Samsung

Mengambil display screen seize dari layar HP Samsung semua tipe ternyata bisa 1x klik! Simak panduan cara screenshot Samsung di sini.

Salah satu fitur handphone yang paling kita manfaatkan adalah screenshot layar yang sedang aktif. Ini sering kita lakukan untuk mengambil gambar sebuah percakapan di aplikasi chatting.

Selain itu, masih banyak lagi yang dapat dimanaatkan dari fitur ini, seperti mengambil dokumen dan menyimpan foto. Meskipun begitu, masih ada lho yang belum paham bagaimana cara memakainya.

Bagaimana cara melakukan screenshot pada HP ataupun pill Samsung? Tenang, Jaka akan beritahu caranya secara lengkap!

Berbagai Cara Screenshot Samsung untuk Semua Tipe

Mau apapun seri Samsung Galaxymu, caranya hampir sama kok! Mau seri J, seri S, seri Notice bahkan pill sekalipun dapat kamu terapkan caranya.

Cara Screenshot Samsung dengan Swiping Layar

Cara pertama yang dapat kamu coba adalah dengan mengusap tanganmu dari kiri ke kanan layar handphone. Tunggu hingga terdengar suara shutter kamera sebagai tanda bahwa kamu telah berhasil mengambil screenshot.

Teknik ini dapat dilakukan untuk ponsel Samsung yang dirilis setelah tahun 2013, seperti Samsung Galaxy S4 ke atas, Galaxy Notice Three ke atas, dan handphone-handphone Samsung lainnya.

Tapi perlu diingat bahwa kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur ini. Biasanya, secara default fitur ini akan aktif secara otomatis. Jika kamu mengalami kesulitan, ada baiknya kamu cek langkah-langkah berikut.

  1. Masuk ke menu Settings > Superior options atau untuk versi yang lama Settings > Motions and gestures
  2. Centang fitur Palm swipe
  3. Selesai, tutup menu dan coba menangkap layar yang kamu inginkan

Cara Screenshot Samsung Pakai Tombol

Merasa ribet ketika pakai fitur Palm swipe karena sering salah ambil atau harus mencoba beberapa kali terlebih dahulu? Jika iya, maka kamu dapat pakai tombol yang ada di ponsel Samsungmu.

Sebelumnya, kamu harus cek dulu apakah handphonemu memiliki tombol house atau tidak. Jika punya, maka kamu dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Tekan tombol energy dan house secara bersamaan
  2. Tahan beberapa detik hingga muncuk suara klik atau getaran jika kamu sedang mengaktifkan mode getar

Cara mengambil screenshot ini hanya dapat dilakukan di HP Samsung berikut ini: Samsung Galaxy seri S7 Edge sampai S3, Galaxy Notice four sampai Notice 2, Galaxy Mega 6.3, dan Galaxy Tab Three Professional.

Ponsel Samsung yang baru, rata-rata telah menghilangkan tombol house-nya. Tapi yenang, kamu masih dapat kok melakukan cara mengambil screenshot layar dengan metode lain.

Caranya, tekan secara bersamaan tombol energy dan quantity down dan tahan hingga muncul suara shutter kamera.

Handphone Samsung yang dapat melakukan ini adalah seri Galaxy S9, S9 Plus, S8, S8 Plus hingga seri A8.

Tombol tidak berfungsi dengan baik? Mungkin kamu harus membawa handphonemu ke service heart terdekat!

Baca juga : Cara menyambungkan hp ke tv

Cara Screenshot Samsung dengan S Pen

Kalau yang ini khusus untuk seri Samsung yang dilengkapi dengan S Pen. Selain seri Notice, beberapa pill seperti Tab A lagi dapat melakukan teknik ini.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Aktifkan menu Air Command, yang otomatis keluar ketika kamu menarik S Pen. Atau, kamu lagi dapat menekan tombol yang terdapat pada S Pen tersebut.
  2. Pilih Display screen Write untuk mengambil screenshot
  3. Sebelum selesai mengambil screenshot, kamu dapat menambahkan beberapa catatan pada gambar tersebut
  4. Jika telah selesai, tekan tombol share atau save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*