Inilah Pengertian Rekonsiliasi Dalam Akuntansi

Pengertian Rekonsiliasi Dalam Akuntansi

Definisi rekonsiliasi akuntansi dalam akuntansi adalah proses memastikan saldo akun yang benar antara dua akun pada akhir periode akuntansi. Rekonsiliasi membantu mengotomatiskan proses penutupan keuangan.

Sebelum menerbitkan laporan keuangan perusahaan, kami merekomendasikan rekonsiliasi setiap akun neraca dengan mengumpulkan informasi untuk mendukung saldo akhir akun. Misalnya, saldo piutang usaha dapat dimulai dengan membandingkan saldo dengan usia piutang usaha. Jadi apa arti dari rekonsiliasi yang lebih besar dan mengapa harus ada rekonsiliasi dalam bisnis? Ini ulasannya.

Definisi rekonsiliasi dalam akuntansi

Rekonsiliasi adalah proses membandingkan catatan keuangan internal dengan laporan bulanan dari sumber eksternal seperti bank, perusahaan kartu kredit, atau lembaga keuangan lainnya untuk memastikan semuanya cocok. Mengetahui cara mendamaikan bisnis Anda secara akurat penting untuk kesehatan keuangan bisnis Anda.

Rekonsiliasi membantu mendeteksi kesalahan, perbedaan, atau penipuan dalam bisnis. Jika Anda tidak menggunakan software akuntansi finata.id, transaksi keuangan Anda akan muncul di kertas dari daftar periksa, laporan kartu kredit, dan laporan bank Anda.

Jika Anda menggunakan perangkat lunak akuntansi untuk mencetak koleksi cek setiap kali perusahaan membayar faktur, transaksi Anda akan dicatat dalam daftar akun perangkat lunak Anda.

Gagasan rekonsiliasi dalam transaksi perbandingan akuntansi juga membantu akuntan Anda menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas tinggi, akurat, dan dapat diandalkan. Karena neraca perusahaan Anda mencerminkan semua uang yang dihabiskan untuk uang tunai, kredit, atau pinjaman dan semua aset yang dibeli dengan dana, keakuratan neraca sangat tergantung pada rekonsiliasi akurat dari akun keuangan perusahaan Anda.

Perusahaan publik harus menjaga rekonsiliasi secara konsisten atau risiko akan dihukum oleh auditor independen. Banyak perusahaan memiliki sistem untuk mempertahankan tanda terima pembayaran, laporan akun, dan data lain yang diperlukan untuk mendokumentasikan dan mendukung rekonsiliasi akun.

Baca juga : Perbedaan Biaya dan Beban

Lima langkah ini akan membantu Anda memastikan bahwa semua uang Anda dicatat.

  • Bandingkan catatan akun internal Anda dengan laporan bank Anda

Verifikasi setiap pembayaran dan setoran dalam register Anda yang cocok dengan pernyataan akun. Catat semua transaksi pada laporan bank Anda yang tidak memiliki bukti lain, seperti tanda terima bayar atau cek tanda terima.

  • Periksa bahwa semua dana keluar telah tercermin dalam catatan internal dan rekening bank Anda.

Baik berupa cek, transaksi ATM, atau biaya lain, kurangi item-item ini dari saldo laporan bank Anda. Catat faktur pada laporan bank Anda yang belum Anda tangkap dalam catatan internal Anda. Biaya yang harus diperhatikan termasuk cek tidak jelas, pembayaran otomatis yang terdaftar secara internal yang belum membersihkan rekening bank, memeriksa biaya pencetakan, biaya layanan ATM, dan biaya bank lainnya, seperti dana yang tidak mencukupi (atau biaya yang melebihi batas.

  • Periksa bahwa semua dana yang masuk telah dicatat dalam catatan internal Anda dan di rekening bank Anda

Cari setoran dalam rekening dan kredit yang belum didaftarkan bank dan tambahkan i ke saldo laporan rekening. Jika bank menunjukkan setoran yang tidak tercermin dalam buku besar internal Anda, buat entri. Jika Anda memiliki akun yang berkembang dan rekonsiliasi beberapa minggu setelah tanggal pernyataan, Anda mungkin perlu menambahkan minat juga.

  • Periksa kesalahan bank

Kesalahan bank tidak sering terjadi, tetapi jika itu terjadi, Anda perlu menambah atau mengurangi jumlah yang benar dari saldo akun Anda, dan Anda harus segera menghubungi bank untuk melaporkan kesalahan tersebut.

  • Pastikan keseimbangannya akurat

Saldo rekening koran Anda sekarang harus sama dengan saldo pendaftaran Anda. Bergantung pada jumlah perbedaan, Anda mungkin perlu membuat jadwal dukungan yang merinci perbedaan antara buku besar internal dan rekening bank Anda.

Bagi Anda yang membutuhkan perangkat lunak akuntansi, Finata adalah perangkat lunak yang paling tepat untuk Anda. Finata akan membantu Anda lebih memahami arti rekonsiliasi akuntansi dan membantu Anda menghitung keuangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*