Pengertian dari Sebuah istilah Bisnis

Bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen (masyarakat) dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan/laba (revenue). Pada dasarnya, kita melakukan bisnis adalah untuk memperoleh laba atau keuntungan (revenue).

Sebenarnya tidak hanya itu, masih ada beberapa fungsi dari bisnis yaitu :

  • Mengubah bentuknya (type utility), yang tidak lain dari fungsi produksi
  • Memindahkan tempat produk itu (place utility), atau fungsi distribusi
  • Mengubah kepemilikan (possesive utility), yaitu fungsi penjualan
  • Menunda waktu kegunaan (Time utility), atau fungsi pemasaran

Sementara Steinhoff berpendapat bahwa ada tiga fungsi utama bisnis, yaitau :

  • Mencari bahan mentah (buying uncooked materials)
  • Mengubah bahan mentah menjadi barang jadi (manufacturing uncooked supplies into product)
  • Menyalurkan barang yang telah jadi tersebut ketangan konsumen (distributing product to customers)

Seperti pada pengertian Bisnis, Bisnis itu dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi. Disini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang siapa asja yang melakukan bisnis atau biasa disebut dengan Dasar Kepemilikan Bisnis. Umunya Dasar Kepemilikan mencakup :

  • Perusahaan pereorangan adalah perusahaan yang dimiliki oleh seorang yang langsung memimpin perusahaan tersebut.
  • Persekutuan adalah memperoleh bagian dan mengambil bagian serta memberi bagian secara bersama-sama dalam sesuatu atau dengan seseorang.
  • Perseroan adalah bisnis yang dimiliki oleh beberapa orang dan diawasi oleh direktur.
  • Koperasi adalah bidang usaha yang beranggotakan orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Ada banyak macam jenis yang umunya kita ketahui, macam-macam bisnis ini dapat dikelompokkan berdasarkan aktivitasnya, yaitu :

  • Manufaktur adalah suatu proses pengolahan barang non jasa yang bersifat fisik, kata manufaktur sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “manus faktus” yang artinya dibuat atau diolah dengan memakai tangan. Contoh bisnis manufaktur adalah pabrik pembuatan batu bata dan tempe.
  • Jasa adalah per tindakan atau kinerja yang ditawarkan oleh satu pihak ke pihak yang lain yang secara prinsip tidak berwujud dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan, produksi jasa dapat terikat atau tidak terikat pada suatu produk fisik. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
  • Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi konsumen adalah distributor dan konsumen. Contoh toko waralaba.
  • Bisnis Pertanian dan Pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman dan barang tambang seperti minyak bumi dan batu bara.
  • Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
  • Bisnis Transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain. Contonya Journey.

Setelah itu marilah kita mengenal beberapa Jenis-jenis Bisnis yang kita ketahui:

  • Monopsoni adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar komoditas. Contohnya : hanya ada satu perusahaan yang menangani kereta api di Indonesia yaitu, PT.KAI
  • Monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar (1 penjual namun pembeli banyak). Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”.
  • Oligopoli adalah pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan (beberapa penjual namun banyak pembeli). Umumnya julmlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
  • Oligopsoni adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar komoditas (beberapa pembeli namun banyak penjual).

Setelah kita melihat siapa saja pelaku bisnis, apa saja macam-macam bisnis, dan jenis-jenis bisnis tentunya, ternyata bisnis dapat dilakukan oleh siapa saja, dimana saja, dan dengan apa saja. Maksudnya adalah untuk memulai suatu bisnis, semua orang dapat melakukan bisnis, termasuk kita seorang mahasiswa atau pelajar. Sebagai mahasiswa atau pelajar tentu kita tidak mempunyai modal yang bisa banyak untuk berbisnis yang sifatnya menengah atau besar, tetapi kita dapat berbisnis kecil-kecilan dengan modal yang sesuai dengan kantong kita tanpa meminta bantuan orang tua. Dalam memulai bisnis kita serta tidak perlu memakai peralatan dan perlengkapan yang banyak.

Di zaman sekarang yang serba “sulit” mencari pekerjaan, apa salahnya jika kita membuat usaha atau bisnis sendiri. Nggak punya modal? jangan khawatir, kita dapat memulai bisnis dengan modal yang kecil tetapi bila kita jalankan dengan benar dan sungguh-sungguh, Insya Allah dapat menghasilkan untung yang lumayan. Dan menurut saya ini hanyalah salah satu contoh yang dapat kita mulai: Menjual Pulsa Elektrik. Kenapa pulsa elektrik? karena pulsa elektrik sangat dibutuhkan bagi mahasiswa/i, ya karena dalam lingkungan kampus kan kecil kemungkinan ada yang berjualan pulsa. Mungkin kalau diluar kampus memang ada tetapi kalau yang malas jalan pasti lebih memilih beli sama kita daripada harus jalan dulu keluar kampus, belum lagi kalau kampusnya besar kan.  Kita harus menyediakan Modal berapa? tinggal anda yang mempunyai modal berapa, Rp.100.000,Rp. 200.000, atau berapapun yang anda punya. Kita harus pintar-pintar mencari dan memanfaatkan peluang yang ada.

Cobalah dengan modal yang kecil lebih dulu, contohnya saya sendiri yang mencoba peruntungan dengan berjualan pulsa elektrik. Awal mulanya saya memulai dengan modal Rp.200.000, ketika ada yang beli pulsa Rp.10.000 misalnya saya jual dengan harga Rp.11.000 s/d Rp.12.000. Nah dari situ kita dapat mendapatkan keuntungan dari Rp.500 s/d Rp.1000 tergantung dari masing-masing operatornya. Saya memulainya dari bulan April dengan modal Rp.200.000 dan sekarang dalam waktu Empat bulan saya telah mendapatkan Rp.800.000, dengan begitu modal saya balik lagi sebesar Rp.200.000 dan saya telah mendapatkan untung sebesar Rp.600.000. Patut untuk disyukuri dengan mengucap Alhamdulillah, yaa namanya serta belajar jadi kadang kala mengalami kerugian serta. Mulailah pelan-pelan, sabar, teliti, lalu dikerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, Insya Allah usaha yang anda rintis dapat maju. Namun jangan sampai lupa disetiap kita berusaha harus selalu diiringi dengan berikhtiar atau berdoa. Namun ketika kita telah diatas jangan lupa sama yang dibawah. Karena sebagian dari rezeki kita itu ada rezekinya bagi orang-orang yang kurang mampu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*